Batman Begins - Help Select

Translate

Senin, 09 September 2013

Lomojari Bidang Akademik dan Keterampilan Tingkat SMP Terbuka Resmi Dibuka

Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Bidang Akademik dan Bidang Keterampilan Peserta Didik SMP Terbuka Tingkat Nasional tahun 2013 resmi dibuka hari ini Senin (9/9/2013). Lomojari ini berlangsung dari tanggal 9 hingga 13 September 2013 di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemdikbud Jakarta.

Lomojari tahun 2013 ini resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim. Pembukaan dimulai pukul 17.00 WIB yang dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Ditjen Pendidikan Dasar, termasuk bank BUMN yaitu BNI dan BRI.

Musliar Kasim dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat terkejut melihat hasil karya anak-anak peserta SMP Terbuka. “Tidak menyangka bahwa mereka mampu berkarya seperti itu tidak jauh seperti karya setingkat mahasiswa,” kata Wamendik dengan bangga. Jadi tidak ada istilah tertutup kesempatan bagi yang duduk di lembaga pendidikan non-formal untuk berprestasi, tegasnya.

Karena itu Musliar menghimbau siswa-siswi pendidikan non-formal agar tidak patah semangat untuk mencapai cita-cita. “Buktinya saat ini sudah ada 8 orang yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri seperti di ITB untuk jenjang S1, dan yang paling menggembirakan adalah sudah ada yang menyelesaikan S2,” ujar Wamendik.

Kegiatan Lomojari merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Ditjen Pendidikan Dasar yang dimulai sejak tahun 1996 hingga saat ini. Lomojari tahun 2013 ini melibatkan 40 SMP Terbuka dari 43 kabupaten/kota pada 15 provinsi, 1 Learning Centre (LC) dari Sabah, Malaysia dan 5 PKBM Penyelenggara Program Paket B, SD-SMP Satu Atap.

Maksud dan tujuan kegiatan Lomojari ini adalah untuk mensosialisasikan SMP Terbuka ini kepada masyarakat, mendorong peserta didik SMP Terbuka lebih tekun belajar, dapat meningkatkan mutu pembelajaran, memberikan bekal keterampilan kepada anak didik, sehingga setelah tamat sekurang-kurangnya mereka diharapkan mampu menolong dirinya sendiri untuk menopang keperluan hidupnya.

Jenis keterampilan yang dipamerkan dan diperlombakan pada Lomojari tahun 2013 ini adalah unjuk kerja peserta didik seperti tata busana, tata boga, kriya tekstil ragam batik, tenun tradisional, kriya kayu dan Anyaman.

 
Design by Hamuri Jaka Ariyanto | Bloggerized by Hamuri Jaka Ariyanto - Premium Blogger Themes | SEO Premium Themes